Pantau Karhutla, Pemprov Riau Kunjungan ke Desa dengan KMS

Bertuah.co.id, Lingkungan - Pemerintah Provinsi Riau tidak takut lagi menghadapi ancaman kemarau di bulan Februari mendatang yang bisa memicu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Dukungan program Karhutla Monitoring System (KMS) yang sudah terkoneksi hingga ke tingkat desa sangat membantu memantau potensi ancaman karhutla.

“Saat ini sangat serius kita dalam mengantisipasi terjadinya karhutla, sudah membentuk jaringan dari pusat hingga desa melalui program Karhutla Monitoring System,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Riau, Yulwiriati Moesa, Kamis (29/1/2015).

Menurut Yulwiriati Moesa, yang juga Ketua Tim Pemantau KMS, beberapa hari lalu sudah terjadi kebakaran selama 3 hari di Bengkalis. Awalnya tim pemantau memberikan informasi tersebut kepada kepala bupati dan selanjutnya bupati memerintahkan tim Masyarakat Peduli Api yang sudah dibentuk memantau langsung dan melakukan tindakan.

“Begitu juga saat hotspot itu ditemukan di perusahaan, langsung kita telepon manajemennya. Dengan dukungan KMS itu kami bisa melihat langsung di mana saja kebakaran itu dan tinggal kordinasi untuk melakukan pemadaman,” ujar Yulwiriati.

Menurut Yulwiriati dukungan program KMS yang diinisiasi BP-REDD+ bersama tim UKP4 bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau sangat membantu proses di lapangan. Tim penanggulangan karhutla bisa langsung bertindak cepat. “Verifikasi lapangan sampai tingkat desa, email hasil KMS langsung secara rutin ke Kapolres. Kalau di perusahaan, langsung dilakukan verifikasi. Kalau 3 hari dilihat api tidak hilang kami langsung turun ke lapangan,” jelas Yulwiriati Moesa.

Tidak hanya itu, menurut Yulwiriati Moesa hingga saat ini bupati dan wali kota selalu melakukan imbauan hingga ke tingkat pedesaan agar mewaspadai terjadinya musim kemarau yang diprediksi terjadi Februari mendatang. “Bupati dan wali kota juga sudah sering mengingatkan warganya. Bahkan di desa-desa juga sering diumumkan lewat masjid agar waspada karhutla musim kemarau ini,” jelasnya.

Saat ini Provinsi Riau masih dalam status siaga bencana karhutla dengan posko utama di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. “Saya kira ini lebih efektif, meskipun kemarau panjang dan musim kering. Dengan keseriusan saat ini, saya yakin tidak akan terulang lagi karhutla seperti tahun sebelumnya,” ujar Yulwiriati.

KOMENTAR

Name

Bank Riau Kepri Berita Kepri Berita Pekanbaru Berita Pelalawan Berita Riau Bertuah Bisnis BRK BRK Jakarta Budaya DPRD Riau Ekbis Ekonomi Hukrim Hukum Internasional Kesehatan Kesra Ketenagakerjaan KI Riau Lifestyle Lingkungan Nasional Pekanbaru Pendidikan Pilhan Pilihan Pilkada Riau Politik Sosbud Teknologi Winovri Yuharman
false
ltr
item
Berita Pekanbaru: Pantau Karhutla, Pemprov Riau Kunjungan ke Desa dengan KMS
Pantau Karhutla, Pemprov Riau Kunjungan ke Desa dengan KMS
http://4.bp.blogspot.com/-XeqfTG7OF0Q/VW_HvNMa7jI/AAAAAAAAACQ/wOUIjV-Nw4A/s320/Karhutla%2B-%2BBertuah.co.id.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-XeqfTG7OF0Q/VW_HvNMa7jI/AAAAAAAAACQ/wOUIjV-Nw4A/s72-c/Karhutla%2B-%2BBertuah.co.id.jpg
Berita Pekanbaru
http://www.beritapekanbaru.com/2015/06/pantau-karhutla-pemprov-riau-kunjungan.html
http://www.beritapekanbaru.com/
http://www.beritapekanbaru.com/
http://www.beritapekanbaru.com/2015/06/pantau-karhutla-pemprov-riau-kunjungan.html
true
2560572996714802410
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Membalas Hapus By Home PAGES POSTS Lihat Semua Berita Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH Berita Terbaru Tidak Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock